POTENSI
INTERFERENSI KOMUNIKASI RADIO PENERBANGAN
DI BANDARA
RADIN INTEN II LAMPUNG
(budi.ramdhani@gmail.com STAF LOKA MONITOR
SPEKTRUM FREKUENSI RADIO BANDAR LAMPUNG)
Bandar Udara Radin Inten II (IATA: TKG, ICAO: WICT) adalah bandar
udara yang melayani penerbangan
domestic untuk wilayah Provinsi Lampung. Bandar udara ini berlokasi di Jalan
Lintas Tengah Sumatera Desa Branti Kecamatan Natar,di Kabupaten Lampung
Selatan, 15 km arah barat laut dari Kota
Bandar Lampung.
Bandara Radin Inten II
Lampung
|
|||
Ikhtisar
|
|||
Jenis bandara
|
Publik
|
||
Pengelola
|
PT Angkasa Pura II
|
||
Lokasi
|
|||
Ketinggian DPL
|
282 ft / 86 m
|
||
Koordinat
|
05°14′33″LU105°10′44″BT
|
||
Landas pacu
|
|||
Arah
|
Panjang
|
Permukaan
|
|
ft
|
M
|
||
14/32
|
8202
|
2770
|
Aspal
|
Denah bandara Radin Inten II
Waypoint (Pandu Navigasi)
Dalam sistem navigasi udara.
Radio beacon (NDB atau VOR) merupakan titik dari rangkaian titik-titik pandu
navigasi udara yang ditempatikan dipermukaan daratan pada tempat-tempat
tertentu yang berguna memandu pesawat dalam melakukan perjalanan perjalanan
tertentu dari satu bandar udara ke bandar udara lainnya. pesawat melalui
sejumlah titik (NDB atau VOR) sebagai sebagai fungsi checkpoint. Keseluruhan
rangkaian titik dalam suatu perjalanan pesawat disebut waypoint, sebagai
ilustrasi terdapat gambar dibawah ini.
Waypoint wilayah Lampung
Way Point chart untuk Low
Instrument Flight Rules (LIFR) untuk wilayah Lampung
Keterangan:
1. Untuk pesawat yang melakukan Incoming dan Outgoing pada di
Bandara Radin Inten II Lampung
2. Untuk pesawat rute domestic dan jarak dekat
3. Ketinggian maksimum dibawah FL 250 / 6000 meter dpl (posisi
steady state)
4. Terdiri atas 5 waypoint yang melintasi daratan Lampung
5. Terdiri atas 7 NDB / VOR
Keterangan:
1. Untuk pesawat yang melakukan enroute atau melintasi di atau sekitar Bandara Radin Inten II Lampung
2. Untuk pesawat rute domestic dan jarak dekat
3. Ketinggian maksimum dibawah FL 450 / 10000 meter dpl (posisi
steady state)
4. Terdiri atas 11 waypoint yang melintasi daratan Lampung
5. Terdiri atas 16 NDB / VOR
6. Potensi gangguan pada 11 waypoint enroute Low IFR dan High
IFR
Waypoint Low IFR
untuk pesawat-pesawat yang
melakukan incoming dan outgoing di Bandara Radin Inten II Lampung (posisi
steady state)
Maskapai :Garuda
Indonesia
Aircraft: :Boeing
737-86N
Ketinggian :4115
meter / FL 150
Kecepatan :670
km/h
Route :TKG
- CGK
|
CONTOH REAL CONDITION WAYPOINT DI WILAYAH LAMPUNG
OUTGOING WAYPOINT DARI BANDARA RADIN INTEN II MENUJU
BANDARA SOETTA
Komunikasi Penerbangan
Komunikasi lalu lintas penerbangan merupakan Komunikasi
timbal balik antara unit ATS (air
traffic services) di darat dengan
pesawat udara, peralatan yang digunakan dalam melakukan Komunikasi ini adalah:
1.
High Frequency
Air/Ground Communication (HF A/G)
Komunikasi antara pilot dengan unit ATS (FSS, FIC) dalam bentuk voice
bekerja di pita frekuensi HF, yang
dibagi menjadi dua bagian:
RDARA untuk penerbangan domestic
MWARA untuk penerbangan internasionl
2.
Very High Frequency
Air/Ground Communication (VHF A/G); ADC, APP, AFIS
Komunikasi antara pilot dengan unit ATS
dalam bentuk voice bekerja di
pita frekuensi VHF dengan modulasi AM digunakan untuk keperluan take
off/outgoing maupun landing/incoming pesawat.
3.
Very High
Frequency-Extended Range (VHF-ER); ACC
Komunikasi antara pilot dengan unit ATS
dengan cakupan yang sangat luas untuk memantau pesawat dalam keadaan steady
atau dalam ketinggian/ flight
level makslmum serta untuk keperluan enroute dalam melintasi suatu bandara.
4.
Air Traffic
Information System (ATIS)
Informasi broadcast yang dikirim berulang-ulang
mengenai cuaca, R/W in use dan terminal area.
Berikut alokasi spektrum frekuensi radio untuk keperluan
penerbangan yang telah ditetapkan dalam TAFI (Tabel Alokasi Spektrum Frekuensi di Indonesia)
ALOKASI
SPEKTRUM FREKUENSI RADIO PENERBANGAN
|
|||
NO
|
FREKUENSI
|
SERVIS
|
KETERANGAN
|
1
|
9 - 14 KHz
|
RNS
|
Omega
|
2
|
90 - 110 KHz
|
RNS
|
Loran-C
|
3
|
130 - 535 KHz
|
ARNS
|
NDB (Non Directional Beacon)
|
4
|
1.8 - 2 MHz
|
RNS
|
Loran-A
|
5
|
2.85 -11.4 MHz
|
AMS(R)/AMS(OR)
|
Komunikasi Ground/Air (HF);
Ground/Ground eksklusif antara bandara ke bandara diseluruh Indonesia; RDARA
(Regional Domestic Air Route Area)
|
6
|
13.2 - 22 MHz
|
AMS(R)/AMS(OR)
|
MWARA (Major World Air Route Area)
|
7
|
3.023 & 5.68 MHz
|
AMS(R )
|
SAR Penerbangan
|
8
|
74.8 -75.2 MHz
|
ARNS
|
Marker Beacon
|
9
|
108 - 117.975 MHz
|
ARNS
|
VOR (VHF Omnidirectional); ILS
(Instrument Landing System)
|
10
|
117.975 - 137 MHz
|
AMS (R )
|
Komunikasi Ground/Air (ADC, APP, ACC);
Pilot/Pilot
|
11
|
121.5 & 123.1 MHz
|
AMS (R )
|
Frekuensi Emergensi; ELT
|
12
|
328.6 - 335.4 MHz
|
ARNS
|
ILS (glide path)
|
13
|
406 - 406.1 MHz
|
MSS
|
SAR Satellite
|
14
|
960 - 1215 MHz
|
ARNS
|
DME (Distance Measuring )
|
15
|
1030 & 1090 MHz
|
ARNS
|
SSR (Radar)
|
16
|
1215 - 1260 Mhz
|
RNSS
|
GNSS (Navigation Satellite)
|
17
|
1260 - 1400 MHz
|
ARNS
|
Radar Surveillance
|
18
|
1525 - 1559 MHz
|
MSS
|
Satellite Communication
|
19
|
1626.5 - 1660.5 MHz
|
MSS
|
Satellite Communication
|
20
|
1559 -1626.5 MHz
|
RNSS
|
GNSS (Navigation Satellite)
|
21
|
1610 - 1626.5 MHz
|
ARNS
|
GLONASS
|
22
|
2700 - 3300 MHz
|
ARNS
|
Radar Surveillance
|
23
|
4200 - 4400 MHz
|
ARNS
|
Radio Altimeter
|
ARNS: Aeronautical Navigation Service
MSS: Mobile Satellite Service
Pesawat yang melintasi di udara baik dalam
keadaan enroute maupun approach pada
suatu bandara memiliki ketinggian dari permukaan bumi yang diukur dalam satuan
FL atau flight level, Flight Level (FL) merupakan angka ketinggian pesawat yang
diukur berdasarkan ukurran barometrik tekanan atmosfer bumi, bila dikalkulasi
dalam satuan jarak panjang akan diketahui dalam tabel dibawah ini
VERTICAL
SEPARATION OF VFR AND IFR FLIGHTS
|
|||||||||
MAGNETIC
ROUTES
|
|||||||||
FOM
0° TO 179°
|
|
FOM
180° TO 359°
|
|||||||
VFR
|
IFR
|
VFR
|
IFR
|
||||||
FL
|
FEET
|
FL
|
FEET
|
METER
|
FL
|
FEET
|
FL
|
FEET
|
METER
|
–
|
–
|
10
|
1000
|
304.9
|
–
|
–
|
20
|
2000
|
609.8
|
–
|
–
|
30
|
3000
|
914.6
|
–
|
–
|
40
|
4000
|
1219.5
|
35
|
3.5
|
50
|
5000
|
1524.4
|
45
|
4.5
|
60
|
6000
|
1829.3
|
55
|
5.5
|
70
|
7000
|
2134.1
|
65
|
6.5
|
80
|
8000
|
2439.0
|
75
|
7.5
|
90
|
9000
|
2743.9
|
85
|
8.5
|
100
|
10000
|
3048.8
|
95
|
9.5
|
110
|
11000
|
3353.7
|
105
|
10.5
|
120
|
12000
|
3658.5
|
115
|
11.5
|
130
|
13000
|
3963.4
|
125
|
12.5
|
140
|
14000
|
4268.3
|
135
|
13.5
|
150
|
15000
|
4573.2
|
145
|
14.5
|
160
|
16000
|
4878.0
|
155
|
15.5
|
170
|
17000
|
5182.9
|
165
|
16.5
|
180
|
18000
|
5487.8
|
175
|
17.5
|
190
|
19000
|
5792.7
|
185
|
18.5
|
200
|
20000
|
6097.6
|
195
|
19.5
|
210
|
21000
|
6402.4
|
–
|
–
|
220
|
22000
|
6707.3
|
–
|
–
|
230
|
23000
|
7012.2
|
–
|
–
|
240
|
24000
|
7317.1
|
–
|
–
|
250
|
25000
|
7622.0
|
–
|
–
|
260
|
26000
|
7926.8
|
–
|
–
|
270
|
27000
|
8231.7
|
–
|
–
|
280
|
28000
|
8536.6
|
–
|
–
|
290
|
29000
|
8841.5
|
–
|
–
|
310
|
31000
|
9451.2
|
–
|
–
|
330
|
33000
|
10061.0
|
–
|
–
|
350
|
35000
|
10670.7
|
–
|
–
|
370
|
37000
|
11280.5
|
–
|
–
|
390
|
39000
|
11890.2
|
–
|
–
|
410
|
41000
|
12500.0
|
–
|
–
|
430
|
43000
|
13109.8
|
–
|
–
|
450
|
45000
|
13719.5
|
–
|
–
|
470
|
47000
|
14329.3
|
Layanan Komunikasi antara Air Traffic Control (ATC) ke pilot atau sebaliknya pada posisi
approach maupun enroute yang diberikan berdasarkan posisi ketinggian pesawat
dan atau jarak pesawat dari bandara.
LAYANAN KOMUNIKASI VHF GROUND / AIR
BERDASARKAN POSISI PESAWAT
|
|||||
(Sumber: ICAO Doc. 9426-AN/924, ATS
Planning Manual)
|
|||||
NO
|
KOMUNIKASI GROUND/AIR
|
SIMBOL
|
RANGE LAYANAN
|
KETERANGAN
|
|
JARAK (Nautical Miles / NM)
|
KETINGGIAN TERBANG (FL)
|
||||
1
|
VHF - Aerodrome Control
|
ADC
|
25 NM / 46.3 KM
|
FL 40
|
|
2
|
VHF - Approach Control Low
|
APP-L
|
25 NM / 46.3 KM
|
FL 100
|
|
3
|
VHF - Approach Control Intermediate
|
APP-I
|
40 NM / 74.08 KM
|
FL 150
|
|
4
|
VHF - Approach Control High
|
APP-H
|
50 NM / 92.6 KM
|
FL 250
|
|
5
|
VHF - Area Control Service Lower
|
ACC-L
|
FIR
|
FL 250
|
FIR : Flight Information Region
|
6
|
VHF - Area Control Service
|
AFIS
|
FIR
|
FL 250
|
|
7
|
VHF - Area Control Service Upper
|
ACC-U
|
UIR
|
FL 450
|
UIR: Upper FIR
|
Berikut ini frekuensi penerbangan ground/air VHF pita 118-136.975 yang digunakan Komunikasi pilot dan ATC dalam bentuk voice
yang sering menjadi potensi gangguan.
FREKUENSI KOMUNIKASI VHF GROUND /
AIR
|
|||
(Sumber: ICAO Annex 10, Vol. 1
Fourt Edition, 1985)
|
|||
NO
|
RANGE FREKUENSI (MHz)
|
DINAS LAYANAN
|
KETERANGAN
|
1
|
118 - 121.4 MHz
|
Dinas Bergerak Penerbangan (Nasional & Internasional)
|
|
2
|
121.5 MHz
|
Frequency Emergency
|
|
3
|
121.6 - 121.975 MHz
|
Komunikasi Aerodrome Surface (Nasional &
Internasional)
|
Aerodrome Surface: untuk layanan
lalu lintas dibandara dan pengecekan pesawat
|
4
|
122 - 123.05 MHz
|
Dinas Bergerak Penerbangan (Nasional)
|
|
5
|
123.15 - 123.475 MHz
|
Dinas Bergerak Penerbangan (Nasional)
|
|
6
|
123.5 - 129.675 MHz
|
Komunikasi Aerodrome Surface (Nasional &
Internasional)
|
|
7
|
129.7 - 130.875 MHz
|
Dinas Bergerak Penerbangan (Nasional)
|
|
8
|
130 - 136.975 MHz
|
Komunikasi Aerodrome Surface (Nasional &
Internasional)
|
|
Radio Navigasi Udara
Radio Navigasi Uadara berfungsi memberikan sinyak informasi
berupa bearing (arah) dan jarak pesawat terhadap ground station, terdiri atas;
1.
Non Directional
Beacon (NDB)
Navigasi penerbangan yang bekerja menggunakan frekuensi rendah (LF) yang di pasang di dalam atau di luar bandara .
2.
VHF Omnidirectional
Range (VOR)
Navigasi penerbangan yang bekerja menggunakan frekuensi sangat tinggi
(VHF) yang di pasang di dalam atau di luar bandara .
3.
Distance Measuring
Equipment (DME)
Navigasi penerbangan yang memberikan informasi jarak dengan stasiun ,
ditempatkan berpasangan dengan VOR atau ILS, biasa disebut VOR-DME, umumnya
ditempatkan diluar bandara.
Berikut
keterangan NDB dan VOR-DME untuk bandara Radin Inten II Lampung
NDB BANDAR
LAMPUNG
|
||||
Type
|
ID
|
Channel
|
Freq
|
Country
|
NDB
|
TF
|
-
|
290
KHz
|
Indonesia
|
Latitude
|
Longitude
|
Airport
|
||
05°
14' 41.66" S
|
105.17815
|
|||
05°
14' 41.66" S
|
105°
10' 41.34" E
|
VOR-DME BANDAR LAMPUNG
|
||||
Type
|
ID
|
Channel
|
Freq
|
Country
|
VOR-DME
|
TKG
|
097X
|
115 MHz
|
Indonesia
|
Latitude
|
Longitude
|
Airport
|
||
-5.260169
|
105.194125
|
|||
05° 15' 36.61" S
|
105° 11' 38.85" E
|
Jenis Interferensi pada
frekuensi Penerbangan
Analisis gangguan frekuensi penerbangan sebagaimana tercantum dalam rekomendasi
ITU-R M.1841 digolongkan menjadi tipe
A1, A2, B1 dan B2.
Interferensi Tipe A1:
Tipe A1 gangguan disebabkan oleh spurious
emission (harmonisa, spleteran dll) atau
orde kedua produk intermodulasi dari beberapa pemancar siaran radio FM .
Emisi ini harus ditekan pada receiver penerbangan sebesar tabel dibawah ini untuk ambang batas
aman dari pemancar siaran radio FM
Maximum e.r.p. (dBW) for FM broadcasting
transmitters
|
Suppression relative to maximum e.r.p
(dB)
|
≥48
|
85
|
30
|
76
|
≤30
|
46 + max. e.r.p
(dBw)
|
Proteksi rasio dari intermodulasi
dan spurious emisi untuk sinyal adjacent channel harus memenuhi nilai nilai dalam
tabel dibawah ini
Frequency difference between wanted
signal and spurious emission (kHz)
|
Protection ratio (dB)
|
0
|
14
|
50
|
7
|
100
|
-4
|
150
|
-19
|
200
|
-38
|
Interferensi Tipe A2:
Jenis A2 gangguan disebabkan adjacent channel interference oleh
pemancar penyiaran menggunakan frekuensi 108 MHz (biasanya dari pemancar radio
komunitas yang overbandwidth) dekat dan hanya akan mengganggu layanan bergerak
penerbangan yang beroperasi pada frekuensi yang dekat dengan 108 MHz.
Interferensi Tipe B1:
Gangguan Type B1 adalah gangguan yang disebabkan oleh orde ketiga
produk intermodulasi yang diterima dalam sebuah receiver penerbangan yang
dihasilkan dari penyiaran FM berdaya
tinggi yang di luar pita frekuensi penerbangan. (Rec. M.1841, paragraf 2.2.2).
Produk-produk intermodulasi ini dapat melibatkan dua atau tiga frekuensi
penyiaran FM.
Interferensi Tipe B2:
Jenis B2 gangguan ditandai sebagai desensitisasi dari bagian
RF receiver penerbangan ketika
menerima overloading oleh satu atau lebih frekuensi penyiaran radio FM dengan
daya tinggi. (Lampiran 10, Rec. M.1841 Volume III, Bagian I, ayat 6.9.5.6.2.2),
biasanya terjadi untuk frekuensi-frekuensi
penerbangan di bawah 112 MHz dan di atas 112 MHz serta lokasi bandara berada
dalam wilayah padat pemancar siaran radio FM.
Dari keempat tipe interferensi di atas umumnya yang paling berpengaruh
adalah tipe interferensi A1 dan A2.
Zonasi Potensi Interferensi
Pada Frekuensi Penerbangan di Wilayah Lampung:
Pembagian zonasi didasarkan pada besarnya
tingkat potensi penyebab interferensi diukur dari coverage layanan Komunikasi VHF ground/air dari ATC
bandara Radin Inten II Lampung ke pesawat pada posisi approach maupun enroute:
I
|
Pembagian Zonasi Interferensi :berdasarkan wilayah Kabupaten/Kota:
1. Interferensi Zona 1 VHF (terdiri atas 7 Kabupaten/Kota):
Kota Bandar
Lampung, Kota Metro, Kab. Pesawaran, Kab. Pringsewu, Kab. Lampung Selatan, Kab.
Lampung Tengah, Kab. Lampung Timur.
2. Interferensi Zona 2 VHF (terdiri atas 4 Kabupaten/Kota):
Kab. Lampung
Utara, Kab Tulang Bawang Barat, Kab. Way Kanan dan Kab. Tanggamus
3. Interferensi Zona 3 VHF ( terdiri atas 2 Kabupaten/Kota):
Kab. Tulang
Bawang, Kab Lampung Barat
4. Interferensi Zona 4 VHF ( terdiri atas 2 Kabupaten/Kota):
Kab, Pesisir
Barat dan Kab. Mesuji
MAPPING ZONASI
POTENSI INTERFERENSI RADIO SIARAN FM
TERHADAP FREKUENSI
PENERBANGAN VHF
DAFTAR
RADIO YANG BERPOTENSI MENIMBULKAN GANGGUAN PENERBANGAN BERDASARKAN TINGKATAN
ZONASI INTERFERENSI
NO
|
ZONASI
|
KABUPATEN/KOTA
|
WILAYAH LAYANAN
|
KANAL
|
FREQ. (MHz)
|
PENYELENGGARA
|
1
|
ZONA 1
|
KOTA BANDAR LAMPUNG
|
BANDAR LAMPUNG
|
2
|
87.7
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 3 FM)
|
2
|
18
|
89.3
|
PT. RADIO PATROL RADIKA
|
|||
3
|
26
|
90.1
|
PT. RADIO MANDALA ARGANADA
|
|||
4
|
34
|
90.9
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 1 FM)
|
|||
5
|
42
|
91.7
|
PT. RADIO SUARA SEJAHTERA LAMPUNG
|
|||
6
|
50
|
92.5
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 2 FM)
|
|||
7
|
69
|
94.4
|
PT. RADIO SUARA TIARA INDAH
|
|||
8
|
77
|
95.2
|
PT. RADIO RAJAWALI TERBANG
|
|||
9
|
85
|
96
|
PT. RADIO MILLENIUM
|
|||
10
|
93
|
96.8
|
PT. RADIO SUARA WAJAR
|
|||
11
|
101
|
97.6
|
PT. RADIO KENCANA NADASWARA
|
|||
12
|
109
|
98.4
|
PT. RADIO BATARA ADYASWARA
|
|||
13
|
117
|
99.2
|
PT. RADIO SUARA BAKTI
|
|||
14
|
136
|
101.1
|
PT. RADIO CITRA MUSLIM LAMPUNG
|
|||
15
|
144
|
101.9
|
PT. RADIO SWARA BEOLI GEMBIRA
|
|||
16
|
152
|
102.7
|
PT. RADIO SUARA ANDALAS NADA
|
|||
17
|
160
|
103.5
|
PT. RADIO YUDHISTIRA SATRIATAMA
|
|||
18
|
168
|
104.3
|
PT. RADIO GEMA BUNDA KANDUNG
|
|||
19
|
176
|
105.1
|
PT. RADIO SWARA MEGA MUSTIKA
|
|||
20
|
184
|
105.9
|
PT. RADIO KHARISMA NADA ANDHIKA
|
|||
21
|
ZONA 1
|
KAB. LAMPUNG SELATAN
|
KALIANDA
|
55
|
93
|
RADIO PEMKAB LAMPUNG SELATAN
|
22
|
65
|
94
|
PT. RADIO DIAN RAJABASA
|
|||
23
|
122
|
99.7
|
PT. RADIO AMIRAH LAMPUNG
|
|||
24
|
132
|
100.7
|
PT. RADIO SARI BUNGA SADARI
|
|||
25
|
189
|
106.4
|
RADIO RASETA FM
|
|||
26
|
NATAR
|
125
|
100
|
RADIO
SUARA NADA ALAM INDAH
|
||
27
|
192
|
106.7
|
PT. RADIO PRATAMA MAHARDHIKA
|
|||
28
|
PENENGAHAN, RAJA BASA
|
72
|
94.7
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 3 FM)
|
||
29
|
ZONA 1
|
KAB. PESAWARAN
|
PADANG CERMIN
|
63
|
93.8
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 1 FM)
|
30
|
ZONA 1
|
KOTA METRO
|
KOTA METRO
|
46
|
92.1
|
PT. RADIO SWARA SERUNI BIKARAMA
|
31
|
105
|
98
|
PT. RADIO SUARA DUTA PARAMITA
|
|||
32
|
113
|
98.8
|
PT. RADIO RAMAYANA WIRATAMA
|
|||
33
|
164
|
103.9
|
PT. RADIO KARTIKA NUSA REKSANADA
|
|||
34
|
ZONA 1
|
KAB. LAMPUNG TENGAH
|
TERBANGGI BESAR, WAYPANGUBUAN, TERUSAN NUNYAI
|
53
|
92.8
|
LPPL RADIO PEMDA LAMPUNG TENGAH
|
35
|
120
|
99.5
|
PT. RADIO DENBANG
|
|||
36
|
187
|
106.2
|
PT. RADIO GEMA SWARNA DWIPA
|
|||
37
|
GUNUNG SUGIH, BUMI RATU NUBAN,SEPUTIH AGUNG
|
66
|
94.1
|
PT. RADIO RADAR LAMTENG
|
||
38
|
SEPUTIH BANYAK, WAY SEPUTIH
|
123
|
99.8
|
PT. RADIO GEMA SARASWATI
|
||
39
|
SEPUTIH SURABAYA, BANDARSURABAYA, SEPUTIH MATARAM
|
159
|
103.4
|
PT. MEDIA VISTA MATRIX PERSADA
|
||
40
|
ZONA 2
|
KAB. LAMPUNG UTARA
|
KOTA BUMI, KOTABUMI UTARA,KOTABUMI SELATAN
|
62
|
93.7
|
PT. RADIO WIJAYA ASTHANARIA
|
41
|
83
|
95.8
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 1 FM)
|
|||
42
|
142
|
101.7
|
PT. RADIO SWARA GRAHA KOTABUMI
|
|||
43
|
150
|
102.5
|
PT. RADIO BAHANA SURYA MELATI
|
|||
44
|
196
|
107.1
|
PT. RADIO SWARA MAS MANDIRI
|
|||
45
|
ZONA 3
|
KAB. LAMPUNG BARAT
|
LIWA, BALIK BUKIT, SUKAU
|
103
|
97.8
|
PT. RADIO KURNIA JAYA RAMOSTA
|
46
|
111
|
98.6
|
RADIO PEMKAB LAMPUNG BARAT
|
|||
47
|
119
|
99.4
|
DIREKTORAT RADIO/RRI (PRO 1 FM)
|
|||
48
|
170
|
104.5
|
PT. RADIO MAHAMERU MEGAH LESTARI
|
|||
49
|
ZONA 3
|
KAB. TULANG BAWANG
|
MENGGALA, BANJAR AGUNG
|
24
|
89.9
|
PT. RADIO MASKARA JELITA
|
50
|
48
|
92.3
|
LPP LOKAL RADIO TULANG BAWANG
|
|||
51
|
91
|
96.6
|
PT. RADIO IDOLA NADA
|
|||
52
|
158
|
103.3
|
PT. RADIO BINTANG ANGKASA SWARA
|
|||
53
|
RAWAJITU SELATAN
|
79
|
95.4
|
PT. RADIO CAKRAWALA JITU
|
||
54
|
146
|
102.1
|
PT. RADIO DUTASWARA KHATULISTIWA
|
|||
55
|
TULANG BAWANG TENGAH
|
125
|
100
|
PT. GRAHA SWARA TUBA
|
||
56
|
ZONA 4
|
KAB. MESUJI
|
SIMPANG PEMATANG
|
60
|
93.5
|
PT. RADIO BAHANA MUTIARA
|
57
|
127
|
100.2
|
DIREKTORAT RADIO/RRI
|
|||
58
|
194
|
106.9
|
PT. RADIO SWARA INDAH PERMATA
|
|||
59
|
ZONA 1
|
KAB. TANGGAMUS
|
KOTA AGUNG, TALANG PADANG
|
71
|
94.6
|
PT. RADIO ARDA GIRI JAYA
|
60
|
95
|
97
|
DIREKTORAT RADIO/RRI
|
|||
61
|
ZONA 1
|
KAB. PRINGSEWU
|
PRINGSEWU, PAGELARAN, SUKOHARJO
|
54
|
92.9
|
RADIO SABA PUTRA
|
62
|
121
|
99.6
|
PT. RADIO CITRA PRIMA MAHARDIKA
|
|||
63
|
188
|
106.3
|
PT. RADIO SABURAI ALAM PERMAI
|
|||
64
|
ADILUWIH, GADING REJO
|
133
|
100.8
|
PT.
RADIO SWARA DWI AMANDA
|
||
65
|
ZONA 1
|
KAB. TANGGAMUS
|
SUMBER REJO
|
112
|
98.7
|
PT. PASURYA
|
66
|
ZONA 1
|
KAB. LAMPUNG TIMUR
|
SUKADANA, PURBOLINGGO,BATANGHARI NUBAN
|
14
|
88.9
|
PT. RADIO ANGKASA BIRU
|
67
|
73
|
94.8
|
PT. RADIO ETAWA
|
|||
68
|
81
|
95.6
|
PT. RADIO SURYA GITA PARAMARTA
|
|||
69
|
148
|
102.3
|
PT. RADIO SWARA PURI PRAMUDYA LESTARI
|
|||
70
|
LABUHAN MARINGGAI, BANDAR SRIBHAWONO, MATARAM BARU, MELINTING
|
36
|
91.1
|
PT. RADIO SUARA MAMBAU SUNNAH
|
||
71
|
RAMAN UTARA
|
190
|
106.5
|
PT.RADIO SHANDY MUSIC GROUP
|
||
72
|
ZONA 2
|
KAB. WAY KANAN
|
BLAMBANGAN UMPU, NEGERI AGUNG
|
122
|
99.7
|
PT. RADIO FORMULA JAYA
|
73
|
BARADATU
|
90
|
96.5
|
RADIO PANDU SUARA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar